cover
Contact Name
Ahmad Ashifuddin Aqham
Contact Email
ahmad.ashifuddin@gmail.com
Phone
+6288215137076
Journal Mail Official
danang@stekom.ac.id
Editorial Address
Universitas 45 Surabaya Jl Mayjend Sungkono 106 Surabaya, info@univ45sby.ac.id, (031) 56112 14; (031) 563 39 05
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-commerce
ISSN : 29645298     EISSN : 29620821     DOI : 10.30640
Core Subject : Economy, Science,
Kajian-kajian tersebut diharapkan dapat memperkaya khasanah keilmuan di bidang manajemen dan bisnis sehingga dapat menjadi salah satu referensi bagi para akademisi, pemangku kepentingan dan masyarakat luas. Manajemen SDM Keuangan Akutansi Ekonomi Islam
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2023): Maret : Digital Bisnis : Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce" : 25 Documents clear
ANALISIS PENDAPATAN PG.XYZ DI JAWA TIMUR Mohammad Ali Masruri; Anita Handayani
Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce Vol. 2 No. 1 (2023): Maret : Digital Bisnis : Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce
Publisher : Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (104.79 KB) | DOI: 10.30640/digital.v2i1.618

Abstract

This study purpose to know the company’s income PG. XYZ East Java company. Income analysis is used to know whether the business development is increasing or decreasing. Considering the income earned affects to the survival of the company. The type of research used is descriptive qualitative research. Data analysis method is used quantitative methods, namely descriptive analysis. The evaluation results show that the average net income earned by the East Java PG.XYZ sugar business is IDR 362,862,000/year or IDR. 30,238,500/month and the sugar business run by PG. XYZ East Java is profitable. It can be seen from the acquisition of a ratio analysis of more than 1, namely 1.21. Therefore, it is hoped that PG. XYZ East Java will continue to develop its sugar business and increase sales volume so that its income will also increase.
Analisis Kedisiplinan Kerja Karyawan Pt. Ravana Jaya Gresik Indira widyaningrum; Roziana Ainul Hidayati
Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce Vol. 2 No. 1 (2023): Maret : Digital Bisnis : Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce
Publisher : Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (988.261 KB) | DOI: 10.30640/digital.v2i1.639

Abstract

Kunci sukses dalam mencapai tujuan perusahaan tidak lepas dari kedisiplinan kerja karyawan. terbiasa disiplin merupakan cermin dari seorang karyawan yang bertanggung jawab terhadap tugas yang telah disampaikan kepadanya. karyawan yang melakukan tindakan kedidakdisiplinan ini biasanya terakit dengan keterlambatan masuk kerja, dimana kedisplinan karyawan PT. Ravana jaya Gresik rendah, masih dijumpai karyawan yang tidak mentaati peraturan yang sudah diterapkan. Tujuan penelitian ini untuk mencari tahu penyebab indisipliner dan mencari solusi meningkatkan disiplin karyawan PT. Ravana jaya Gresik. jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan wawancara dan observasi lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kedisiplinan kerja karyawan harus diadakan Pelatihan dengan harapan agar tingkat kedisiplinan yang ada di perusahaan bisa ditingkatkan lagi.
Hambatan Downward Communication Pada Pt Xyz Di Kabupaten Gresik Cica Alif Sukma Sri Agustik; Roziana Ainul Hidayati
Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce Vol. 2 No. 1 (2023): Maret : Digital Bisnis : Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce
Publisher : Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (889.585 KB) | DOI: 10.30640/digital.v2i1.641

Abstract

Komunikasi memiliki peran penting dalam perusahaan. Salah satu tantangan terbesar dalam komunikasi adalah menyampaikan informasi dan menerima informasi. Penelitian ini bermaksud mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai hambatan komunikasi kebawah antara pimpinan dan karyawan. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif sebagai jenis penelitian yang berorientasi pada hasil. Pengumpulan data dilakukan dengan cara trigulasi (gabungan), digunakan untuk mencari tau kondisi objek yang akan diteliti. Temuan penelitian memperlihatkan dengan downward communication mengakibatkan karyawan sulit memahami pesan yang disampaikan oleh pimpinan karena banyaknya saluran yang harus dilalui. Temuan hambatan downward communication yang ditemukan ialah keterbatasan informasi, kesalahpahaman pesan, dan kurangnya kontak dengan atasan. Sehingga upaya yang dilakukan perusahaan untuk menghadapi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan strategi komunikasi 3A (Attitude, Attention, Action), melakukan pengulangan informasi, melakukan pemilihan media komunikasi, dan melakukan pengawasan dan evaluasi
PENGEMBANGAN KOMPETENSI KARYAWAN PADA PT. X Muhammad Aldi Dwi Ananda; Maulidyah Amalina Rizqi
Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce Vol. 2 No. 1 (2023): Maret : Digital Bisnis : Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce
Publisher : Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (667.158 KB) | DOI: 10.30640/digital.v2i1.642

Abstract

Perusahaan memerlukan pengembangan sumber daya manusia untuk menunjang efisiensi dalam pekerjaan. Pengembangan sumber daya manusia dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan untuk para pekerja sebagai bentuk pengembangan kompentensi guna meningkatkan produktifitas pekerjaan. Pelatihan kompetensi pada salah satu PT. X di Jawa Timur ditemukan dua jenis yakni pelatihan umum dan khusus yang diperuntukkan bagi para pekerjangan demi meningkatkan produktivitas dalam perusahaan. Hasil dari kompetensi akan diakumulasikan sedemikan rupa untuk melihat kinerja dari pekerja kedepannya yang akan mendapatkan konsekuensi berdasarkan hasil kompetensi. Tujuan penelitian adalah mengetahui bagaimana pengembangan kompetensi pekerja pada PT. X sebelum dan sesudah adanya pengembangan kompetensi melalui training dan proses kontroling kinerja. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data observasi dan wawancara secara langsung di PT. X dengan menerapkan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik analisis data kualitatif untuk mendapatkan hipotesis dengan hasil akhir kesimoulan yang dapat diterima ataupun ditolak. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kompetensi merupakan hal penting dalam peningkatan produktivitas pekerja di perusahaan. Pengembangan kompetensi dilakukan dengan melakukan langkah awal pemindahan divisi pada karyawan, perusahaan memberikan pelatihan internal secara khusus dan umum yang dapat diikuti oleh seluruh karyawan.
Pengaruh Free Ongkir Kirim Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Online Shop (Studi Pada Pengguna Shopee Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Potensi Utama) Reza Alfarozi Ritonga; Taufiq Risal
Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce Vol. 2 No. 1 (2023): Maret : Digital Bisnis : Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce
Publisher : Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1450.994 KB) | DOI: 10.30640/digital.v2i1.643

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel free ongkir dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada mahasiswa universitas potensi utama. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah menggunakan data primer dan data sekunder. Pada teknik analisis data yang digunakan penulis adalah menggunakan uji statistik deskripti, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini adalah diketahui bahwa secara parsial Free Ongkir mempunyai pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Kemudian pada variabel kualitas produk dapat diketahui bahwa secara parsial Kualitas Produk tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan karena Kualitas Produk tidak memenuhi kriteria Thitung > Ttabel. Secara simultan dapat dikatakan bahwa variabel Free Ongkir (X1) dan Kualitas Produk (X2) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Jurusan Manajemen Stambuk 2018.
Pengaruh Semangat Kerja, Lingkungan Kerja Dan Pengembangan Karir Terhadap Kepuasan Karyawan Pada PT. Cipta Rimba Djaja Sellianna Kristini Simanjuntak; Eka Purnama Sari
Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce Vol. 2 No. 1 (2023): Maret : Digital Bisnis : Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce
Publisher : Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1379.764 KB) | DOI: 10.30640/digital.v2i1.644

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh semangat kerja, lingkungan kerja dan pengembangan karir terhadap kepuasan karyawan pada PT. Cipta Rimba Djaja.. Teknik dalam mengumpulkan data penulis menggunakan data primer dan data sekunder, kemudian populasi yang menjadi bahan penelitian ini adalah karyawan yang bekerja pada PT. Cipta Rimba Djaja.. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 85 karyawan. Hasil penelitian pada penelitian ini adalah secara parsial Semangat Kerja tidak mempunyai mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Karyawan hal ini di karenakan uji ketentuan dalan Uji T adalah harus lebih besar dari. Pada variabel Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Karyawan diperoleh nilai maka dasar ketentuan uji secara parsial dapat disimpulkan H2 diterima yang berarti secara parsial Lingkungan Kerja mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Karyawan. Pada Pengembangan Karir Terhadap Kepuasan Karyawan di peroleh nilai maka dasar ketentuan uji secara parsial dapat disimpulkan H3 diterima yang berarti secara parsial Pengembangan Karir mempunyai berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Karyawan.
Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha (Studi Kasus Pada PT. SJKM Titipapan) Ana Odelia Gultom; Eka Purnama Sari
Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce Vol. 2 No. 1 (2023): Maret : Digital Bisnis : Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce
Publisher : Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1558.184 KB) | DOI: 10.30640/digital.v2i1.645

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui analisis dan pengaruh kualitas produk, harga, citra merek dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian sepeda motor yamaha (studi kasus pada PT. SJKM Titipapan). Teknik pdalam mengumpulkan data penulis menggunakan data primer dan data sekunder, kemudian populasi yang menjadi bahan penelitian ini adalah konsumen dari PT. SJKM Titipapan. Hasil penelitian pada penelitian ini adalah Berdasarkan hasil pengujian uji t dapat dilihat bahwa kriteria uji hipotesis ditolak yaitu thitung > ttabel untuk itu, kriteria pengujian uji t pada tingat sig 5% yaitu diketahui n-k (Kusnedi, 2008:155) Maka dasar ketentuan uji secara parsial dapat disimpulkan H1 ditolak yang berarti secara parsial Kualitas Produk tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Begitu juga dengan pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian diperoleh dasar ketentuan uji secara parsial dapat disimpulkan H2 diterima yang berarti secara parsial Harga mempunyai pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Kemudian pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian diperoleh dasar ketentuan uji secara parsial dapat disimpulkan H3 diterima yang berarti secara parsial Harga mempunyai pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. dilihat pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian diperoleh dasar ketentuan uji secara parsial dapat disimpulkan H4 ditolak yang berarti secara parsial Kualitas Pelayanan tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian.
Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Syariah Dengan Bank Konvensional yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020 Syifa Utami Putri; Eka Purnama Sari
Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce Vol. 2 No. 1 (2023): Maret : Digital Bisnis : Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce
Publisher : Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1333.999 KB) | DOI: 10.30640/digital.v2i1.646

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisi dari kinerja keuangan bank syariah dengan bank konvensional di Bursa Efek Indonesia ditinjau berdasarkan return on asset, loan to deposit ratio dan BOPO, periode 2016-2020. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan teknik analisis data kuantitatif yang dimana hanya menggunakan perhitungan angka lalu kemudian menarik kesimpulan. Teknik pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan independent sampel test. Pada penelitian ini menggunakan software statistik SPSS Versi 25. Pada penelitian ini hasil penelitian yang di dapat adalah terjadi penurunan dalam jangka periode 2016 sampai dengan 2020. Kemudian pada laporan kinerja keuangan pada mengalami penurunan dalam periode 2016 hingga 2020. Tidak terdapat perbedaan kinerja antara Bank Konvensional dan Bank Syariah yang telah terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia (BEI).
Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Return Saham Pada Bank Yang Terdaftar Di KBMI 4 Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2006 – 2021 Depani Depari; Masfar Gazali
Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce Vol. 2 No. 1 (2023): Maret : Digital Bisnis : Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce
Publisher : Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (141.907 KB) | DOI: 10.30640/digital.v2i1.649

Abstract

Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Return Saham Pada Bank Yang Terdaftar Pada KBMI 4 Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2006 Sampai Tahun 2021 Menjadi Topik Pembahasan Dalam Tugas Akhir Ini. Data sekunder dari laporan keuangan yang diterbitkan Bursa Efek Indonesia dari tahun 2006 hingga 2021 digunakan. Menggunakan alat eViews 12 dan Microsoft Excel, metode regresi data panel digunakan untuk analisis. Penelitian ini menemukan bahwa ROA berpengaruh positif terhadap return saham, sedangkan LDR, NPL, dan CAR tidak berpengaruh.
PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU, KERJASAMA TIM DAN KETERAMPILAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS PADA PT. CHAROEN POKPHAND INDONESIA (STUDI KASUS PADA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI CABANG MEDAN) Ranti Purnama Sari; Eka Purnama Sari
Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce Vol. 2 No. 1 (2023): Maret : Digital Bisnis : Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce
Publisher : Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1196.009 KB) | DOI: 10.30640/digital.v2i1.652

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Karakteristik Individu, Kerjasama Tim, dan Keterampilan Kerja Terhadap Produktivitas pada PT Charoen Pokphand Indonesia Cabang Medan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sumber data primer melalui kuesioner dengan lima skala likert. Adapun responden pada penelitian ini adalah seluruh karyawan PT Charoen Pokphand Indonesia Cabang Medan sebanyak 30 orang dengan pengambilan sampel jenuh. Pengohan data pada penelitian ini menggunakan SPSS 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun secara simultan variabel Karakteristik Individu, Kerjasama Tim, dan Keterampilan Kerja berpengaruh signifikan Terhadap Produktivitas.

Page 1 of 3 | Total Record : 25